Pages

Senin, 11 Februari 2013

BAB II


BAB II
BAB PEMBAHASAN

2.1.      Pengertian Minat
                        Dalam kamus besar bahasa Indonesia minat diartikan sebagai perhatian ;           keinginan untuk memperhatikan atau melakukan sesuatu.
                        Dari definisi minat tersebut, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa             yang dimaksud minat adalah suatu keinginan yang timbul dari dalam diri         seseorang yang diwujudkan dalam bentuk perbuatan.
           ____________________________________________________________________________
2.2.      Pengertian Belajar
                        Untuk pembahasan ini kita akan mendefenisikan pembelajaran sebagai   perubahan jangka panjang dalam representasi atau asosiasi mental sebagai hasil    dari pengalaman. Mari kita bagi defenisi ini ke dalam tiga bagian : pertama,             pembelajaran adalah  perubahan jangka panjang, yaitu lebih dari sekedar           penggunaan informasi secara singkat dan sambil lalu ( misalnya, mengingat     nomor telepon hanya beberapa saat guna menghubungi nomor tersebut ), namun             tidak selalu tersimpan selamanya. Kedua, pembelajaran melibatkan representasi             atau asosiasi mental dan interkoneksi internal yang menyimpan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh. Ketiga, pembelajaran adalah perubahan yang            dihasilkan dari pengalaman ( Ormrod, 2008 : 269 )
_________________________________________________________________________________
2.3.      Pengertian Sejarah
2.3.1.   Asal – usul kata sejarah
                        Perkataan sejarah yang kemudian berkembang sebagai sebuah disiplin   ilmu yang kita pelajari, sebenarnya mempunyai bermacam – macam makna.            Namun pada dasarnya semua menunjukkan pada kajian di masa lampau.             Menurut asal katanya atau secara etimologi, sejarah berasal dari bahasa arab,    syajara yang berarti terjadi, sedangkan dalam bahasa arab terdapat syajarah atau     syahjaratun yang berarti pohon, atau syajarah annasab yang berarti pohon pohon    silsilah. Waktu itu, ada kebiasaan menyusun daftar silsilah atau lukisan garis        keturunan yang disusun secara sistematis, menyerupai pohon yang lengkap         dengan cabang – cabang dan ranting – rantingnya. Daftar silsilah keturunan dari   suatu keluarga sampai keturunan kelima atau lebih apabila dibalik akan mirip      sebuah pohon lengkap dengan ranting dan batangnya.
                        Dalam bahasa Inggris, sejarah, berarti history yang berarti masa lampau             umat manusia atau kejadian – kejadian yang dibuat oleh alam. Asal – usul kata         history dalam bahasa inggris berawal dari bahasa Yunani kuno istoria yang       artinya ilmu atau belajar dengan bertanya – tanya.
                        Dalam bahasa Belanda ada istilah geschiedenis yang mengandung          makna kejadian – kejadian yang telah dibuat oleh manusia. Sedangkan dalam      bahasa Jerman terdapat istilah geschihte yang artinya sesuatu yang telah terjadi. Dalam masyarakat di berbagai daerah juga dikenal istilah – istilah yang merujuk             pada pengertian sejarah seperti silsilah, riwayat, hikayat, tambo, dan babad.
                        Dari berbagai arti kata sejarah diatas, semua menunjukkan pada suatu   yang telah terjadi atau kejadian yang telah dilewati. Juga terkandung makna   sebagai suatu ilmu. Namun pengertian kata diatas masih bersifat sepotong –             sepotong dan belum memberikan penjelasan yang utuh kepada kita.


2.3.2.   Defenisi Sejarah sebagai Ilmu
                        Untuk memahami pengertian sejarah, dapat dibedakan menjadi dua,      yakni pengertian sejarah secara umum dan pengertian sejarah secara khusus.
            a.         Pengertian Sejarah secara Umum
                                    Semua kisah tentang masa lampau jika dilihat berdasarkan                                 pengertian secara umum berarti sejarah. Apapun bentuknya yang                          mengisahkan tentang sesuatu ada masa lampau disebut dengan sejarah.                         Hal ini menunjuk pada beberapa arti kata sejarah yang telah dikaji diatas.
            b.         Pengertian Sejarah secara Khusus.
                                    Untuk memahami pengertian sejarah secara khusus, kamu perlu                         memahami beberapa pendapat sejarawan tentang sejarah. Dibawah ini                   terdapat defenisi sejarah menurut beberapa tokoh.

                                    “ Menurut Norman E. Cantor (Sadirman, 2007 : 4 ) Sejarah                                          adalah studi tentang apa yang telah diperbuat, dikatakan, dan                                               dipikirkan oleh manusia masa lampau.”

                                   


    nbsp;                                “ Menurut R. Mohammad Ali (Sadirman, 2007 : 4 ) Sejarah                                          merupakan keseluruhan perubahan kejadian – kejadian yang                                               benar – benar telah terjadi atau ilmu yang menyelidiki perubahan                           – perubahan yang benar – benar terjadi pada masa lampau (                                          Sejarah selalu mengandung konsep perubahan ).”

                                    “ Menurut Ibnu Kaldun (Sadirman, 2007 : 4 ) Sejarah dari sisi                           luar adalah rekaman perputaran masa dan pergantian kekuasaan                               yang terjadi pada masa lampau sedangkan sejarah dari sisi dalam                           adalah suatu studi dan penalaran kritis dan usaha  cermat untuk                          mencari kebenaran ( Sejarah bukan didapat dengan                                                  mengumpulkan fakta – fakta saja.).”

                                    “Menurut Edward Hallet Carr (Sadirman, 2007 : 4 ) Sejarah                                         adalah suatu proses interaksi terus – menerus antara sejarawan                                 dengan fakta – fakta yang ada padanya atau suatu dialog tidak                               henti – hentinya antara masa sekarang dengan masa silam.”

                                    Dari beberapa pengertian diatas mencatat sejarah bukan hanya              mencatat atau merangkai kejadian pada masa lampau. Sejarah sebagai                 disiplin ilmu, bukan sekedar catatan harian yang mencatat kapan, siapa,               dan dimana suatu benda terjadi.

                                    Sejarah adalah cabang ilmu yang mempelajari secara sistematis              seluruh perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan                                masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang telah terjadi pada                  masa lampau.
           

0 komentar:

Posting Komentar