Pages

Senin, 11 Februari 2013

Bab III


BAB III
BAB PEMBAHASAN

3.1.      Metode Penelitian
                         Pada penulisan karya tulis ini penulis menggunakan satu metode, yaitu   dengan angket. Di mana angket akan penulis sebarkan dengan jumlah 38 lembar.           Dimana angket itu berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai minat Siswa – Siswi   belajar mata pelajaran sejarah seperti yang mengacu pada tujuan yang telah ada.
                        Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif. Yang            di maksud dengan metode deskriptif adalah metode yang memberikan gambaran    tentang gejala atau keadaan tertentu. Sesuai dengan pengertian tersebut penulis             menghubungkan keadaan yang terjadi pada populasi dengan rumusan masalah. Selain itu penulis juga menghubungkan keadaan – keadaan yang ada dengan        landasan teori yang kami gunakan. Sehingga diharapkan penelitian ini bisa           menjadi penelitian yang benar dan tepat.
________________________________________________________________________________
3.2.      Lokasi Penelitian
                        Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA N 1 Sibolga yang     berlokasi dijalan Sutoyo Siswominghadrjo No.1 Sibolga dan waktu penelitian     dilakukan pada Bulan Februari 2013.
________________________________________________________________________________
3.3..     Populasi
                        Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI ( Sebelas )    IPA 1 SMA N 1 Sibolga Tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah keseluruhan 19 orang.
                                  

Tabel 3.1
Populasi Penelitian

No.
Kelas
Laki – Laki
Perempuan
1.
XI IPA 1
11
8
Total
19

___________________________________________________________________________
3.4.      Teknik Pengumpulan Data
                        Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian            ini adalah dengan angket. Dengan angket penulis dapat menyimpulkan, melalui      jumlah jawaban yang dipilih oleh responden yang telah menerima angket tersebut.
________________________________________________________________________________

3.5.      Teknik Analisis Data
                        Cara penulis dalam menganalisis data yang penulis dapat yaitu dengan    pertama-tama memastikan bahwa semua data dan landasan teori yang diperlukan telah diperoleh dengan baik. Lalu penulis mulai menghitung jumlah data, setelah itu penulis mengklasifikasikan jawaban-jawaban dari tiap pertanyaan pada         angket berdasarkan jumlah responden yang memilih. Langkah berikutnya,   sesuai   dengan jenis penelitian penulis, penulis menghubungkan data-data yang     satu dengan yang lain dan juga dengan landasan teori yang ada. Langkah            terakhir, penulis menuangkannya dalam karya tulis ini.

0 komentar:

Posting Komentar